inFamous dikenal sebagai game open-world dimana gamers menjadi superhero yang tangguh. Tetapi ternyataSucker Punch Productions awalnya memiliki konsep yang sangat berbeda. Berbicara dengan GameSpot, Chris Zimmerman selaku salah satu pendirinya mengungkapkan bahwa inFamous awalnya memiliki konsep menggabungkan Animal Crossing dengan superhero.
"Ide awal dari inFamous, percaya atau tidak, adalah seperti Animal Crossing, tetapi kamu adalah superhero," ujar Zimmerman. Sangat bertolak belakang dengan tema tangguh yang terkenal sekarang, konsep awal inFamousmemiliki penampilan yang lebih kartun, mengikuti ciri khas seri Sly Cooper yang juga dikerjakan oleh mereka. Salah satu konsep awalnya adalah gorilla ungu yang mencuri balon.
"Kami mengerjakannya selama setahun dalam arah tersebut," ujarnya. "Lebih di-stylized, lebih bergaya kartun dari apa yang kamu lihat sekarang. Kami bekerja keras untuk melihat apakah itu bisa bekerja."
Tetapi pada akhirnya Sucker Punch mengubah seri tersebut ke arah yang sangat berbeda, dimulai denganinFamous pada tahun 2009 untuk PlayStation 3 dan dilanjutkan dengan inFamous 2 di 2011. Entri ketiga yang berjudul inFamous: Second Son akan dirilis pada tanggal 21 Maret untuk PlayStation 4.