Rakuten Belanja Online (RBO) hari ini, Selasa (25/2/2014),
mengumumkan peluncuran akun Rakuten di aplikasi messenger LINE di Mall
Kota Kasablanka, Jakarta. Diluncurkannya akun Rakuten LINE tersebut
diharapkan akan membantu mendekatkan perusahaan e-commerce asal Jepang
tersebut ke konsumen dan meningkatkan komitmen "Belanja Adalah Hiburan"
yang diusung Rakuten.
Dengan akun baru Rakuten LINE ini, konsumen nantinya bisa mengumpulkan stiker LINE edisi Rakuten yang unik, mendapatkan informasi terbaru mengenai produk baru dari merchant favorit mereka dan akan mendapatkan informasi mengenai penjualan dan promosi terkini.
Latar belakang dipilihnya LINE sebagai rekan untuk meningkatkan
mobile commerce RBO dipengaruhi oleh dominasi pesan instan dalam
penggunaan smartphone di Indonesia pada tahun lalu. Berdasarkan laporan
On Device Research, 60 % pengguna smartphone rata-rata menggunakan
aplikasi messaging lebih dari 10 kali per hari, lebih tinggi ketimbang
SMS (45 %), panggilan telepon (20 %), dan email (15%).
Lembaga riset tersebut juga menyebut LINE menduduki urutan ketiga
sebagai aplikasi messaging paling populer bagi pengguna smartphone di
Indonesia setelah WhatsApp dan BlackBerry Messenger (BBM).
"Indonesia adalah satu dari pasar di dunia dengan penetrasi smartphone tertinggi, jadi RBO secara serius harus memasukkan rencana peningkatan di sektor mobile commerce ke dalam strategi pemasaran di negara ini," ujar Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO Rakuten Belanja Online.
Selain di RBO di Indonesia, akun Rakuten LINE juga diluncurkan di
situs e-commerce Rakuten lainnya di Malaysia, Thailand, Filipina, dan
Jepang.
Dengan akun baru Rakuten LINE ini, konsumen nantinya bisa mengumpulkan stiker LINE edisi Rakuten yang unik, mendapatkan informasi terbaru mengenai produk baru dari merchant favorit mereka dan akan mendapatkan informasi mengenai penjualan dan promosi terkini.


"Indonesia adalah satu dari pasar di dunia dengan penetrasi smartphone tertinggi, jadi RBO secara serius harus memasukkan rencana peningkatan di sektor mobile commerce ke dalam strategi pemasaran di negara ini," ujar Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO Rakuten Belanja Online.
